Sunday, January 18, 2015

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW



Pada hari Jum’at (16/1) OSIS SMP Negeri 1 Slawi mengadakan kegiatan GAJUKA (Gerakan Jum’at Kaji Agama). Kegiatan yang biasanya dilaksanakan di hari Jum’at minggu terakhir kali ini diselenggarakan lebih awal untuk memperingati hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.00 diisi dengan ceramah keagamaan oleh Kyai Haji Hasan Amroji  dari Dukuhturi.


Siswa-siswi dan para guru begitu hidmat dalam mengikuti kegiatan yang diagendakan setiap tahunnya tersebut. Selain ceramah keagamaan, untuk memeriahkan acara juga digelar lomba-lomba yang bertemakan Maulid Nabi, seperti lomba kaligrafi, lomba membaca kitab Al Barzanji sekaligus untuk seleksi vokalis hadrah SMP Negeri 1 Slawi. Untuk lomba membaca Kitab Al Barzanji sendiri telah dilaksanakan sejak hari Rabu (14/1). Dan lima peserta terbaik akan menjadi pengisi pada acara utama.



“Selain untuk mengasah kemampuan para siswa, lomba-lomba tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat kepada siswa tentang sosok Nabi Muhammad SAW yang patut dijadikan sebagai sauri tauladan,” begitu yang disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah, Drs. Alfatah, M.Pd. dalam sambutannya.

Kelas kelas yang berhasil menjadi juara pada lomba kaligrafi di antaranya adalah kelas IX-8 (Juara 1), kelas VII-4 (Juara 2) dan kelas VIII-9 (Juara 3). Untuk juara lomba membaca Kitab Al Barzanji yang sekaligus sebagai ajang seleksi vokalis hadrah didominasi oleh siswa kelas VII. Hal tersebut menunjukkan bahwa para siswa memang memiliki potensi yang harus terus dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan serupa.


Dengan mengusung tema Sunnah Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan Pendidikan karakter yang hakiki menuju SPENSAWI Berprestasi BERSINAR CLING diharapkan agar para siswa mampu memahami bahwa untuk mencapai tujuan seseorang harus memiliki akhlak mulia, dan hal tersebut dapat digali dengan menjalankan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.

Segala hal positif berasal dari pemikiran positif. Niatan untuk menjadi lebih baik adalah kunci untuk membuka jalan yang mampu membawa langkah kita ke tujuan itu berada.


0 comments:

Post a Comment