Saturday, December 20, 2014

PIK Remaja SMP Negeri 1 Slawi


Pada hari Jum'at (19/12)  Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kecamatan Slawi meresmikan peluncuran PIK-R SMP Negeri 1 Slawi yang bernama PIK-R Pikacu. 

PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) itu sendiri adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. PIK-R SMP Negeri 1 Slawi merupakan PIK-R pertama yang ada di dalam lingkungan SMP di wilayah Slawi.

Seperti diketahui bersama, remaja merupakan masa peralihan dari masa anak menuju  masa dewasa. Masa remaja bisa dikatakan adalah sebuah kunci untuk membentuk kepribadian dan pola pikir saat mereka dewasa kelak. Dengan adanya PIK-R , Kepala Sekolah, Bapak Drs. Alfatah, M.Pd. berharap agar siswa-siswinya mampu ikut serta dan berperan aktif dalam usaha mengembangkan potensi-potensi dari teman sejawatnya.

Selain untuk memaksimalkan potensi di masa rejama, para siswa juga diajak untuk dapat lebih mengenal tentang kehidupan yang kelak akan mereka tapaki. Mempersiapkan masa depan sejak usia muda agar langkah yang mereka ambil lebih terarah. Di dalam PIK-R, para remaja juga dapat saling berkonsultasi dengan teman-temannya, berbagi masalah dan berbagi solusi. Di sini para siswa dilatih untuk dapat mengambil sikap yang bijak dalam menanggapi persolan yang dihadapi oleh sesama.

0 comments:

Post a Comment