Saturday, February 7, 2015

Pelantikan Anggota Paskibra 2015



Pada hari Jum'at (30/1) para anggota dan calon anggota Paskibra SMP Negeri 1 Slawi didampingi oleh pembina, Bapak Fajar Dwi Kurniawan, S.Pd berangkat ke Yonif Zipur Slawi dalam rangka melaksanakan kegiatan yang telah tercantum dalam program kerja ekstrakurikuler, yaitu kegiatan pelantikan anggota baru. Pelantikan dikemas dalam kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (PFMD) yang diselenggarakan bersama beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Tegal.


Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan dan penyematan tanda peserta. Setelahnya para anggota dan calon anggota diberi bimbingan melalui latihan baris berbaris yang dipimpin langsung oleh TNI dari Zipur. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ishoma hingga tiba pada penyampaian materi tentang Karakter Nasionalisme Kebangsaan dan Tataran Sikap dan Perilaku. Materi tersebut disampaikan dengan maksud agar sikap nasionalisme dan cinta tanah air dapat selalu hidup dan tumbuh di dalam diri setiap anggota. Karena pada dasarnya ekstrakurikuler Paskibra bertujuan untuk melahirkan putra-putri yang senantiasa menunjung tinggi nama Indonesia melalui cerminan sikap dan perilaku sehari-hari.



Selain penyampaian materi tentang nasionalisme, sosiaslisasi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba juga menjadi satu poin penting yang perlu diperoleh para peserta dalam kegiatan tersebut. Dapat disadari bersama bahwa sudah banyak generasi muda bangsa ini yang terjerumus ke jalan yang menghancurkan masa depan mereka, bahkan yang terburuknya sampai membawa begitu banyak dampat negatif bagi masyarakat sekitar. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan agar sikap mawas diri dapat tertanam sejak dini sehingga ke depannya para generasi muda dapat lebih selektif dalam mengambil langkah untuk mencapai cita-cita.


Pada kegiatan inti, di hari sabtu (31/1) semua calon anggota yang akan dilantik melaksanakan long march yang bertujuan untuk melatih fisik sekaligus mental. Long march yang berjarak sekitar 5 kilometer tersebut berakhir di Waduk Cacaban. Dan di lokasi tersebut para calon anggota dilantik dan resmi menjadi anggota Paskibra SMP Negeri 1 Slawi.

0 comments:

Post a Comment