Wednesday, February 11, 2015

Krenova - Bonggol Pisang Jadi Tepung


Bonggol pisang. Jika mendengarnya orang mungkin akan berfikir bahwa itu bukanlah sesuatu yang istimewa. Hanya bagian dari pohon pisang yang tidak memiliki manfaat atau kegunaan. Bahkan jika buah pisang dan daunnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, maka bonggol pisang akan menjadi satu bagian yang tak terpakai dan akan dibuang.

Jika demikian pemikiran yang ada dalam benak setiap orang, maka tidak bagi tim KRENOVA SMP Negeri 1 Slawi. Amalia Salsabila Putri dan Shena Noorlita Yanuar dibimbing oleh Ibu Suci Nur Arrizqi, S.Pd. berhasil menciptakan inovasi baru dengan menjadikan bonggol pisang sebagai bahan baku pembuatan makanan.

Olahan bonggol pisang yang menghasilkan tepung dapat digunakan untuk mengolah makanan sebagaimana tepung pada umumnya. Inovasi dalam bidang bahan pangan tersebut berhasil memperoleh juara pertama pada lomba KRENOVA Tingkat Kabupaten Tegal.

Dengan prestasi yang telah diraih, diharapkan dapat memotivasi para siswa dan masyarakat pada umumnya agar terus mengembangkan ide-ide untuk menciptakan karya inovasi yang kreatif dan bermanfaat bagi banyak orang.

0 comments:

Post a Comment